Its Easier Than You Think

Baru-baru ini saat seminar, kami diajari tentang sebuah buku berjudul : "It's Easier than You Think", oleh seorang guru meditasi. Buku ini sangat sederhana, tetapi sangat mendalam tentang ajaran spiritualisme dan ajaran Buddha. Dia mengajarkan tentang konsep penganut budha yang mengajarkan tentang "Mind Hindrance"(-gangguan pemikiran~JD). di dalamnya dibahas tentang lima energi yang menurut ajaran tradisional buddha sebagai penghalang untuk melihat peristiwa kehidupan dengan jelas.

Mind Hinderances
Kelima energi ini adalah hawa nafsu, kebencian, kebodohan, keresahan, dan keraguan. Kita seringkali menjumpai mereka sebagai ketidak mampuan, kemarahan, ketidak bersemangatan, rasa takut, dan demoralisasi. Karena kadang-kadang kita mengalaminya, hal-hal ini dapat membuat hidup kita bermasalah, namun juga, jika dialami sesekali dan relatif singkat merupakan hal yang normal, namun, pemikiran/ keadaan jiwa ini dapat sewaktu-waktu meningkat menjadi sesuatu yang bertahan lebih lama. Jika terjadi seperti itu, maka hal ini dapat berubah dari "Mind Hindrance" menjadi sesuatu yang disebut "Mind States"(-kegelisahan jiwa~JD)*

Mind States

Sebuah "Mind State" adalah gangguan yang tidak bersifat sementara, hal ini bersifat tetap. sebuah "Mind State" menjadi sebuah kebiasaan dalam memandang dan pola merespon. semua pengalaman hidupdisaring melalui Mind State. Mind State yang berasal dari hawa nafsu melihat semuanya melalui "kacamata" kemelaratan dan ambisi yang berlebihan. selalu merasa ada yang kurang dan hidup menjadi tidak memuaskan dan serba kekurangan. Mind State yang berasal dari amarah selalu berada di ambang rasa kejengkelan dan kefrustasian, yang mengisi suasana selali dengan ketegangan.kebiasaan bersikap malas dan lesu mengambil inti energi yang dibutuhkan untuk tugas sehari-hari dan juga tidak meninggalkan sedikitpun energi untuk melakukan petualangan baru hal-hal baru.Mind State yang berasal dari keraguan menciptakan dunia yang tidak aman saat pikiran yang penuh dengan ketakutan menyebarkan kegelisahan ke seluru aspek kehidupan.
Sulit untuk hidup dalam kondisi Mind State karena hal-hal ini membuat hidup terus-terusan resah dan membosankan dari yang sebenarnya. mereka menjadi "kacamata" tentang bagaimana kita melihat arti kehidupan. Sebuah Mind State sulit untuk diterima dan lebih sulit lagi untuk menyerah. Tampaknya ini merupakan sebuah kenyataan.


Mind Storms
Bahaya sebenarnya dari Mind States, bagaimanapun juga, adalah karena mereka bisa tiba-tiba berubah menjdai "Mind Storm"(-Gelap mata Kekacauan Jiwa~JD). Sebuah Mind Storm adalah sebuah kondisi dimana Mind State yang lepas kontrol. Ledakan Mind Storms dikarenakan beberapa kejadian yang nyata ataupun khayalan dan dapat mendatangkan malapetaka saat terjadi.Komentar-komentar di layangkan dan Tindakan diambil yang akan disesali kemudian hari.Saat Mind Storm mengontrol kita, kita kehilangan pandangan yang jelas dan juga pengambilan keputusan mengabur. Seperti halnya Badai dalam cuaca datang dan pergi, begitu juga dengan badai dalam "pikiran". Mereka datang dengan sebuah tiupan keras, juga keluar dengan dahsyat pula, dan setelah itu banyak kerusakan yang harus di tanggulangi. Mind Storms selalu memberikan tanda peringatan. "Badai pikiran" ini awalnya muncul sebagai suara-suara bisikan atau suara hati yang biasanya jika positif berkata, "waw, kau terlihat menawan"   dan "itu benar-benar pekerjaan yang hebat".  Atau bisa juga dalam bentuk negatif seperti "itu sungguh hal terbodoh yang kau lakukan". Dalam Mind Storm suara-suara ini seringkali negatif, mengkritik, atau dalam komentar yang menyakitkan. Suara bisikan-bisikan diri sendiri ini dapat membawa kita kedala sesuatu yang buruk. Tantangan dari Mind Storm adalah untuk mempelakari dan memperhatikan mereka datang dan pergi, tetapi tidak bereaksi dengan memberi mereka makanan lewat negatif thinking dan perlakuan impulsif. Kita harus memperhatikan bisikan-bisikan ini walaupun tudak harus merespon terlalu serius pada hal ini. Mengetahui segala tentang Mind Hinderance, Mind State, dan Mind Storm serta mewaspadai akan pentingnya sikap untuk menghadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Posting ini belum memperinci tentang contoh pengalaman dari Mind Storm iut sendiri.


Baca selengkapnya tentang Mind Strom di SINI
*Definisi oleh translator ~ Jonathan Davy

0 komentar:

Posting Komentar